Ketahui 6 Cara Tidur Sehat Seperti Nabi Muhammad SAW

Kembali lagi bersama ANE dalam laporan berita yang kami dapat, berita kali ini adalah Ketahui 6 Cara Tidur Sehat Seperti Nabi Muhammad SAW.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak cara yang dilakukan umat Islam dalam peringatan Hari Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada hari ini, Jumat (1/12/2017). Alangkah baiknya ada ilmu atau pelajaran yang bisa dipetik dari kisah teladan Rasulullah SAW. Salah satu yang sangat menginspirasi adalah mengetahui seperti apa cara tidur sehat yang pernah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Sebaik-baiknya tempat tidur adalah sarana istirahat yang nyaman. Ternyata pola tidur Nabi Muhammad SAW adalah cara tidur yang paling sehat dan telah diakui oleh berbagai pakar kesehatan. Salah satunya adalah memadamkan lampu ketika tidur. Mengapa? Kita cari tahu yuk.

Baca Juga

>

1. Memadamkan lampu

Seperti yang diterangkan dalam program Karamah (Kamus Ramadan Membawa Hikmah) yang pernah ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, 2 tahun lalu, mematikan lampu menjelang tidur merupakan salah satu ajaran Rasulullah SAW. Dalam hadits yang diriwayatkan Bukhari, Nabi Muhammad SAW bersabda: "Padamkanlah lampu-lampu di malam hari pada saat kalian tidur malam, kuncilah pintu dan tutuplah bejana, makanan dan minuman."

Apa hikmah di balik ajaran Rasulullah SAW ini? Ternyata mematikan lampu pada saat tidur bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Sebuah penelitian yang dilakukan ahli biologi Joan Robert menujukkan, tubuh baru bisa memproduksi hormon melatonin pada saat tidak ada cahaya. Hormon melatonin diproduksi oleh kelenjar pineal dan antara lain berfungsi untuk mengatur ritme tidur, meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan jantung, menghambat peningkatan kolesterol, dan berfungsi sebagai antikanker. 

Dampak serius bisa kita lihat dalam jurnal Cancer Genetics and Cytogenetics. Tulisan tersebut mengulas jika penerangan yang menggunakan cahaya buatan akan berdampak pada jam biologis tubuh dan dapat menjadi pemicu ekspresi berlebihan dari sel-sel yang dikaitkan dengan pembentukan sel kanker.

Begitu juga dengan penelitian dari Society for Neuroscience, di San Diego tahun 2010. Temuan menjelaskan tentang korelasi antara cahaya lampu dan tingkat depresi. Pekerja shift malam dan orang lain yang selalu terkena cahaya di malam hari akan meningkatkan risiko gangguan mood atau depresi.

Semua penelitian ilmuan barat ini tentu menjadi penguat dari Hadist Nabi Muhammad SAW tentang perintah tidur di dalam gelap. "Padamkanlah lampu saat akan tidur, tutuplah pintu, tutuplah rapat-rapat bejana-bejana dan tutuplah makanan dan minuman" (HR.Muttafaq'alaih).

Menurut beberapa peneliti di Universitas Stanford di California, Amerika Serikat, cahaya lampu yang menyala saat tidur dapat mempengaruhi hormon dalam tubuh, mengganggu kesehatan mata, dan bahkan berisiko meningkatkan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Dilansir dari Vemale, ada fakta mengejutkan bahwa wanita yang tidur dengan lampu menyala bisa memiliki risiko kanker payudara lebih tinggi dibandingkan mereka yang memilih gelap atau memakai cahaya remang-remang saat tidur. 

 

Simak juga video menarik berikut: 

saya senang atas kunjungan Antum di blog ini dan membaca tulisan Ketahui 6 Cara Tidur Sehat Seperti Nabi Muhammad SAW. Semoga Berguna dan Selamat Menikmati berita ini :)
Ketahui 6 Cara Tidur Sehat Seperti Nabi Muhammad SAW
[LIMITED STOCK!] Related eBay Products