Otoritas Lombok International Airport (LIA) Lakukan Sistem Buka Tutup

Kembali lagi bersama AKU dalam laporan berita yang kami dapat, berita kali ini adalah Otoritas Lombok International Airport (LIA) Lakukan Sistem Buka Tutup.

Akibatnya, ada 36 keberangkatan dan 33 kedatangan dengan 345 penumpang yang terkena dampak. Belakangan, NOTAM pun tiba-tiba diperpanjang hingga Jumat (1/12) kemarin, pukul 14.00 Wita.

Perpanjangan itu diputuskan setelah menggelar rapat koordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) LIA-NTB dan pihak berwenang lainnya.

Namun, setelah rapat digelar kembali, operasional bandara urung ditutup hingga pukul 14.00 Wita. Bandara diputuskan dibuka pukul 08.50 Wita, hingga hari ini (Sabtu).

Hanya saja, otoritas bandara tidak berani memutuskan sampai pukul berapa bandara bakal dibuka hari ini. Seluruhnya tergantung hasil pengamatan pergerakan abu vulkanik yang dipantau Volcanic Ash Advisori Center (VAAC) di Darwin Australia dan hasil citra satelit Himawari Jepang.

Dengan sistem buka tutup tersebut, sepanjang Sabtu (2/12), total ada 20 penerbangan yang dibatalkan di LIA. Sebanyak 330 penumpang terkena dampak. Meliputi, enam penerbangan Garuda Indonesia tujuan Denpasar, Bima, Sumbawa dan Jakarta. Kemudian, enam penerbangan Lion Air tujuan Jogja, Halim Perdana Kusuma, Surabaya dan Jakarta.

Lima penerbangan lainnya milik Wings Air tujuan Solo, Denpasar, dan Bima. Dua penerbangan Batik Air tujuan Halim Perdana Kusuma dan Jakarta. Lalu, terakhir satu penerbangan Citilink tujuan Halim Perdana Kusuma.

Sedangkan kedatangan, ada 15 penerbangan yang batal. Hanya saja, data jumlah penumpang tidak diketahui. Meliputi lima penerbangan Garuda Indonesia dari Jakarta, Bima dan Denpasar. Satu penerbangan Citilink dari Halim Perdana Kusuma, tiga penerbangan Lion Air dari Surabaya dan Jakarta, empat penerbangan Wings Air dari Denpasar, Sumbawa dan Bima. Lalu, sisanya dua penerbangan Batik Air dari Jakarta.

“Untuk Air Asia, sejak penutupan bandara dari awal hingga sekarang memilih close,” kata General Manager PT AP LIA I Gusti Ngurah Ardita sebagaimana dilansir Lombok Post (Jawa Pos Group), Minggu (3/12).

Dia menerangkan, setiap jam dan enam jam sekali, pihaknya menggelar koordinasi dan komunikasi dengan BMKG. Kemudian, setiap menit melihat perkembangan hasil pengamatan cuaca.

Pantauan Lombok Post, Sabtu (2/12), para penumpang di areal terminal bandara tidak seramai seperti biasanya. Mereka rata-rata memutuskan mengambil jalur darat, baik jalur Lembar Lombok Barat maupun Kayangan Lombok Timur.

Namun begitu, tak sedikit pula wisatawan yang memilih menunggu kepastian penerbangan di bandara. Mereka pun memilih terlelap di sejumlah titik di dalam terminal bandara, sembari menunggu kepastian penerbangan. Banyak pula di antara mereka para wisatawan.

“Kami pun menyiapkan armada untuk mengantarkan mereka ke pelabuhan,” cetus Ardita.

(nas/JPC)

saya senang karena kunjungan Antum di blog ini dan membaca tulisan Otoritas Lombok International Airport (LIA) Lakukan Sistem Buka Tutup. Semoga Berfaedah dan Selamat Menikmati berita ini :)
Otoritas Lombok International Airport (LIA) Lakukan Sistem Buka Tutup
Letuasan Gunung Agung, Kapolda NTB Pantau Keamanan LIA dan Lembar
LIA Belum Normal, 31 Penerbangan Dibatalkan
[LIMITED STOCK!] Related eBay Products