Pesan Islam Damai Dalam Peringatan Maulid Nabi Muhammad Di Istana

Kembali lagi bersama SAYA dalam laporan berita yang kami terima, berita kali ini adalah Pesan Islam Damai Dalam Peringatan Maulid Nabi Muhammad Di Istana.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memperingati Maulid Nabi 1439 Hijriah di Istana Kepresidenan Bogor Kamis malam (30/11). Dalam sambutannya, Jokowi mengajak umat Islam di Indonesia untuk mengikuti ajaran Nabi Muhammad SAW (Shallallahu 'alaihi wasallam) tentang Islam yang rahmatan lil alamin atau rahmat bagi seluruh alam.

"Oleh karena itu, memperingati Maulid Nabi berarti menyatakan komitmen, mengerahkan tenaga dan upaya untuk meneruskan dan merealisasikan kenabian Nabi Besar Muhammad SAW dalam kehidupan kita. Bahwa kita umat Islam harus bisa menjadikan Islam yang rahmatan lil alamin. Misi kenabian kita tunjukkan dengan kesalehan individual dan kesalehan sosial kita," ajak Jokowi.

Islam, lanjut Jokowi, sebagaimana ajaran Nabi Muhammad SAW, tidak hanya mengajarkan persaudaraan sesama Muslim, tetapi juga persaudaraan antar bangsa dan umat manusia. Jokowi juga mengajak para orang tua agar mengajarkan kepada anak-anak watak lemah lembut santun dan jujur sebagaimana dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.

"Kita berkomitmen dan bekerja keras untuk memperkuat ukhuwah Islamiyah (persaudaraan sesama Muslim), ukhuwah wathoniyah (persaudaraan bangsa), ukhuwah insaniyah (persaudaraan dengan seluruh umat manusia), dan ukhuwah basariyah (persaudaraan kemanusian). Kita harus mengajarkan pada anak-anak kita untuk meneladani Rasulullah yang uswatun hasanah, yang berwatak mulia, lemah lembut, yang jujur, yang santun, yang amanah, yang selalu menyampaikan kebenaran," tambahnya.

Jokowi mencontohkan keberhasilan Nabi Muhammad SAW dalam membangun kota Madinah berdasarkan kerukunan antar agama dan suku yang ada pada saat itu.

"Keberhasilan Nabi Muhammad dalam membangun kota Madinah sebagai teladan masyarakat dunia adalah bukti nyata dari realisasi kenabian beliau. Dan kita harus mampu membangun Madinah-madinah yang baru, membangun masyarakat Indonesia yang damai, adil dan makmur, sebagaimana telah diriwayatkan masyarakat yang madani di Madinah, kota yang sangat maju di jamannya, bukti nyata Islam yang rahmatan lil alamin. Madinah adalah bukti kerukunan lintas etnik, kerukunan lintas agama dan juga antar kelompok pendatang. Kelompok muhaajirin dengan kelompok anshor," ujar Jokowi.

Piagam Madinah yang disusun oleh Nabi Muhammad bersama tokoh-tokoh agama dan suku pada saat itu, lanjut Jokowi, menjadi dasar hukum yang disepakati bersama dalam membangun kota Madinah.

"Piagam Madinah merupakan terobosan besar toleransi dan persaudaraan. Madinah adalah bukti dari keadilan, bukti penghormatan dan penegakan hukum. Masyarakat yang sebelumnya dipenuhi konflik yang berkepanjangan kemudian menjdi masyarakat yang paham dan taat hukum menjaga kepentingan bersama," tukasnya.

Presiden Joko Widodo menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Istana Bogor, Kamis 30 November 2017 dengan mengundang. anak-anak yatim. (Foto: Biro Pers Istana).

saya bangga atas kunjungan Antum di blog ini dan membaca tulisan Pesan Islam Damai Dalam Peringatan Maulid Nabi Muhammad Di Istana. Semoga Berfaedah dan Selamat membaca berita ini :)
Pesan Islam Damai dalam Peringatan Maulid Nabi Muhammad di Istana
Pesan Damai Maulid Nabi Muhammad
Jokowi: Maulid Nabi Jadi Momentum Indonesia Maju
Jokowi: Kita Harus Mampu Bangun Madinah-Madinah yang Baru
Meneladani Nabi Muhammad SAW
Jokowi Ingatkan Misi Kenabian
Siapa 'Setan' Yang Dimaksud Fahri Hamzah Dalam Pidatonya Saat Reuni 212?
Presiden Ajak Masyarakat Teladani Piagam Madinah
Transkrip Pidato Fahri Hamzah Saat Reuni 212 Soal Menjatuhkan Presiden, Kritik Jokowi, Hingga Setan
Saat Semua Orang Merasa Jadi Tuhan: Wawancara dengan Musdah Mulia
[LIMITED STOCK!] Related eBay Products